Rabu, 09 Mei 2012

[Review] Oleh-Oleh Khas Turki



بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

Berikut ini, hanya sedikit referensi mengenai oleh-oleh dari negeri 1001 Mesjid, Turki yang sempat saya beli selama berada disana. Waktu untuk berbelanja disana hanya diberi 1 hari saja, tgl 7 April 2012.  Dan, oleh-oleh ini, saya beli di Grand Bazar, sebuat pasar yang cukup terkenal dan paling besar. Oleh-oleh termasuk murah dibandingkan yang lain-lainnya.. hehe. Sebenarnya banyak yang lebih bagus dari oleh-oleh yang akan saya paparkan dibawah ini, tapi harganya baguss juga :p
Jadi selama disana,saya hanya punya uang kira-kira 55 lira (1 lira = Rp.5800,-) untuk membeli pernak-pernik Istanbul, Turki. Dan ini, beberapa yang sempat terbeli :D

Baklava (10 Lira)
Baklava merupakan kue tradisional orang Turki. Rasanya lumayan enak, bumbunya tidak terlalu kuat. Bisa tahan sampai 2 minggu sepertinya. hehe... terbuat dari gula, telur, madu, kelapa soalnya.
                            

 
Gantungan Kunci (2 Lira)
Gantungan kunci di pasar-pasar di Istanbul, Turki termasuk yang paling laris. Murah, kecil, dan bisa dibeli banyak..hehe.. Harganya antara 1-5 lira. Bentuknya juga macam-macam. Tapi yang paling saya sukai, yang 2 macam ini. Model sepatu khas Turki, dan lampion-lampion yang berukirkan lukisan khas turki. Ukurannya juga macam-macam, ada yang kecil dan besar.
                              
Dompet Turki (1 Lira)
Termasuk yang paling murah. Ukurannya kecil, tapi setidaknya Hp bisa masuk. Modelnya juga beraneka ragam, Kebanyakan bergambarkan "Blue Mosque", salah satu mesjid terindah di Istanbul.

Phasmina (14 Lira)
Turki memang kiblat fashionnya kaum muslim. Disana, jilbab beraneka ragam dan sangat modern modelnya. Tapi, tetap Syari'i. Phasmina salah satunya. Sangat mudah mendapatkan pashmina di Turki. Kalau ingin harganya murah, sebaiknya beli di dekat-dekat objek wisatanya seperti pinggiran Blue Mosque atau Suleymaniye Mosque. Pashmina seperti yang di foto hanya 10 Lira, tapi kalau sudah masuk toko, maka harga yang ditawarkan pertama kali 25 Lira. Kalau tidak tahu harga bahaya juga. Ini, saya tawar berkali-kali karena menyebut kalau pashmina seperti ini harganya cuman 10 lira di depan mesjid. Akhirnya dikasih 14 lira. Terpaksa saya ambil karena tak mungkin lagi kembali ke mesjid..
                  
Baju Kaos (10 Lira)
Baju kaos bergambar atau bertuliskan Turki/Istanbul cukup banyak disana. Sama seperti di negara-negara lain. Kualitasnya kainnya juga lumayan. Yang unik, desain tulisan-tulisannya yang membedakan dengan negara lain tentunya.
                              
Kacang Hazelnut
Turki termasuk penghasil kacang-kacangan. Salah satu kacang yang lezat adalah hazelnut. Biasanya jadi campuran coklat. Tapi dimakan seperti ini juga enak.
                      
Gelang (4 lira)
Ini benda terakhir yang saya beli di Turki. Tepatnya di Bandara Ataturk Istanbu. Harganya 4 lira. Mahal sebenarnya, karena harga aslinya hanya 1 lira.

3 komentar:

Ahmad Fachrurrozi mengatakan...

Wow, abis dari Turki Kak?
Travel atau pribadi kak?

Saya pernah nonton di Trans TV, di Turki ada wisata balon udaranya juga, seru sambil ngeliat ribuan masjid di tanah Turki dari udara. Kemaren sempat naik balon udara juga gak kak?

Popi mengatakan...

makanannya kayaknya enak tuh..
salam kenal

Anonim mengatakan...

Kalo di mekkah,kira2 ada gak ya dompet turkinya?ada recommen tmpt belinya di mekkah?