Selasa, 27 Desember 2011

Catatan Perjalanan Kecilku

upload1

 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم 

Ini bisa saja hanya akan menjadi sebuah perjalanan yang biasa. Sebuah perjalanan kecil seorang manusia biasa yang hidup dari sebuah mimpi.

Dan biarkanlah, saya mulai berkisah...
PMB

September 2006. Masih teringat dengan sangat jelas. Untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di kampus yang paling diminati dikampungku. Di sebuah jurusan yang paling diminati di kotaku. Dan sekarang, saya berada di tengah-tengah kampus itu. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. 

somate
Ini memang bukan ospek. ini hanyalah sebuah tradisi perkenalan. Aku mengenalmu. Kau mengenalku. Ternyata itu tak cukup saja. Kau harus mengenal duniaku, dan aku harus mengenal duniamu.

foto angkatan
Bukan proses yang sederhana ternyata agar engkau bisa menerimaku. Menerima kami. Dan untuk pertama kalinya. Memakai "JAS MERAH" itu. Jas yang akan membawa kami pada mimpi masing-masing.

Dan kumulailah kehidupan sebagai seorang mahasiswa. Tapi percayalah, saya tak ingin jadi mahasiswa yang "biasa-biasa" saja. Saya ingin sesuatu. Saya ingin lebih. Sesuatu yang akan menjadi sebuah kisah terindah di masa depanku..

Layaknya manusia yang sedang mencari jati diri, saya pun memasuki beberapa Organisasi:
- Himpunan Mahasiswa Islam
- Medical Moslem Family (M2F)
- LPM Sinovia FK Unhas
- BPN ISMKI
- Asian Medical Student Association (AMSA)
- Roentgen Fotografi
Dari organisasi-organisasi inilah, saya mulai menemukan sesuatu yang saya cari. Mulai membuka mata, melihat dunia kedokteran dari sisi yang berbeda dan menemukan dunia yang lebih nyata.

baksosnas palu
Baksos Nasional M2F di Palu, Sulawesi Tengah
Januari 2008
baksos sinovia
Baksos Sinovia di Soppeng, Sulawesi Selatan
Agustus 2008

baksosnas kalimantan
Baksos Nasional HMI di Kota Baru, Kalimantan Selatan
Januari 2009
thalamikus
Thalamikus HMI di Pulau Dutungan, Barru, Sulawesi Selatan
2009

Mungkin bagimu biasa saja. Tapi ternyata bagiku itu luar biasa. Tahun ke 2 ku di FK dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan Kemahasiswaan. Tanpa melupakan tanggung jawabku sebagai seorang Mahasiswa "Kedokteran".


Sampai pada suatu masa dimana saya harus memilih, melabuhkan hatiku dan memfokuskan hidupku yang sisa setahun di pre Klinik. Dan saya pun memilih
SINOVIA. Sebuah Organisasi yang teramat sangat berarti dalam hidupku. Sebuah Keluarga Kecil. saya menyebutnya..

 KELUARGA KECIL SINOVIA.

Dan ini, alasan saya memilihnya. Terlalu banyak yang sinovia sudah berikan padaku, membuatku bertemu dengan banyak orang-orang hebat dari berbagai penjuru Nusantara...

munas mukernas BPN ISMIK
Munas Mukernas III BPN ISMKI di Bandung Jawa Barat
Februari 2008

NMJU
The Third National Medical Journalism Updates di Jakarta
Juli,2008

dan bertemu dengan Penulis Favorit
Ternyata bukan hanya sebuah mimpi untuk mendatangkannya,kami menyatakan mimpi itu, lewat SINOVIA
bedah buku

lalu mengabadikannya...

12-13

Bukan itu saja, ternyata saya juga sempat melibatkan diriku sebagai seorang panitia dalam sebuah acara Nasional di Kampusku sendiri.
Panitia Inti Konferensi Nasional Mahasiswa Kedokteran untuk Bangsa

111


IMG_3127
Bertemu dengan orang-orang hebat. Seluruh Ketua BEM dan orang-orang penting dari Fakultas Kedokteran di Seluruh Indonesia

dan tetap, mengabadikannya..

konferensi nasional mahasiswa kedokteran untuk bangsa

Dari sini, saya pun menjadikan itu sebagai batu pijakku untuk melangkah lebih tinggi dari itu. menjadikan itu sebagai indikator. Dan akhirnya kuputuskan untuk menjadi seorang "PIMPINAN UMUM LPM SINOVIA FK UNHAS PERIODE 2008/2009"        
Bukan hal yang mudah ternyata untuk memutuskan itu. Tapi kecintaanku pada keluarga kecil ini, yang sudah membesarkan namaku, membuatku ingin selalu jadi bagian darinya. Sampai kapanpun itu.
dan langkah itu dimulai dari sebuah langkah kecil...

taman baca

Menjadi seorang penjaga Taman Baca

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Dan tak bisa kuhitung lagi, berapa hari sabtuku kuhabiskan ditempat ini. Sebuah tempat yang selalu ingin kujaga keberadaannya..dan bilik kecil Sinovia ini, akan selalu menjadi rumah keduaku...
bilik kecil

Bagimu mungkin biasa saja. Hanya meja kerja dan komputer tua. Tapi dan dari komputer tua itu, lahirlah sesuatu yang kelak akan menjadi sejarah terindah bagiku. 3 Majalah Sinovia yang berhasil kami terbitkan dibawah kepemimpinanku dan kerjasama sahabat-sahabat terbaik sepanjang masa, Ani, Leily, Leila, Haekal, dkk. Ini sejarah kita, sobat!


Dari sini, saya mulai berani untuk membuat sebuah acara besar. Berani membangun mimpi. Dan berani mewujudkannya. Tak ada ketakutan untuk itu..

DSC_0624sinovia talk

3 tahun, ternyata sangat singkat. Rasanya masih banyak hal yang ingin kulakukan. Masih banyak mimpi yang ingin kuwujudkan. Masih banyak tempat yang ingin ku lihat. Masih banyak orang-orang hebat yang ingin kutemui. 

Sayangnya, saya harus melanjutkan hidup. Bukan lagi sebagai mahasiswa kedokteran Pre Klinik.  Bukan lagi sebagai sang Organisatoris. Tapi seorang "DOKTER MUDA"

09.09.2009
wisuda "Sarjana Kedokteran" gelombang I angkatan 2006

Dan lihatlah, bagaimana saya menjalaninya langkah demi langkah..
teman-teman seJIWA ^^
Bagian ke 1. Ilmu Kedokteran Jiwa

my new family on neurology
Bagian ke 2. Ilmu Penyakit Saraf
my new little family on RADIOLOGY
Bagian ke 3. Radiologi

koas anak ji
Bagian ke 4. Ilmu Kesehatan Anak

koas interna
Bagian ke 5. Ilmu Penyakit Dalam

koas kulit
Bagian ke 6. Ilmu Penyakit Kulit

Bagian ke 7. Kardiologi
(no picture)

koas forensik
Bagian ke 8. Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal

dokter (muda) anestesi
Bagian ke 9. Anestesiologi

coas ortho
Bagian ke 10. Orthopedi dan Traumatologi

dr muda obgyin
bagian ke 11. Obstetri dan Ginekologi

dokter muda bedah
Bagian ke 12. Ilmu Bedah 

ikm
Bagian ke 13. Ilmu Kesehatan Masyarakat & Kedokteran Komunitas

koas tht
Bagian 14. Ilmu Kesehatan THT

koas mata
 Bagian 14. Ilmu Kesehatan Mata

***
FINISHED!
yudisium dokter
 YUDISIUM DOKTER
(22 Desember 2011)

upload1
WISUDA DOKTER
(29 Desember 2011)

Saya tahu, langkah ini belum berakhir. dan memang tak akan pernah berakhir. akan selalu ada Langkah selanjutnya. Dan selanjutnya. ..

U.K.D.I
( Uji Kompetensi Dokter Indonesia)
Periode 18 Februari 2012



Tulisan ini, khusus kubuat untuk adik2ku tersayang.
Selamat melanjutkan mimpi-mimpi mu dek
love you


-atas nama mimpi-mimpi yang pernah kita torehkan-

selamat mengukir sejarah
2006-2012

Tidak ada komentar: